1 00:00:02,850 --> 00:00:08,220 [Plum Village mempersembahkan] 2 00:00:12,862 --> 00:00:20,137 [Berkewawasan (mindfulness) adalah keadaan waspada dan terjaga di saat ini.] 3 00:00:21,944 --> 00:00:28,702 [Keadaan itu adalah latihan berkelanjutan menyentuh setiap momen dalam kehidupan sehari-hari] 4 00:00:33,105 --> 00:00:41,175 [Mewawas artinya benar-benar hidup, hadir bersama orang sekitar dan pekerjaan saat ini 5 00:00:53,095 --> 00:00:55,815 Kewawasan adalah bentuk mental 6 00:00:57,865 --> 00:01:00,579 Semua orang memiliki benih kewawasan 7 00:01:00,947 --> 00:01:04,652 dan jika kita berlatih dengan rajin, 8 00:01:04,652 --> 00:01:08,713 benih kewawasan ada dalam diri kita 9 00:01:08,713 --> 00:01:11,663 akan tumbuh lebih besar. 10 00:01:12,703 --> 00:01:15,253 Kapanpun kita butuh energi kewawasan itu, 11 00:01:15,763 --> 00:01:20,903 kita hanya perlu menyentuhnya dan ada banyak energi yang bisa dipergunakan, 12 00:01:22,875 --> 00:01:26,601 Kita tahu bahwa kewawasan mempunyai kekuatan, kapasitas, 13 00:01:27,451 --> 00:01:30,233 agar kita tahu apa yang sedang terjadi. 14 00:01:35,493 --> 00:01:38,306 Apa yang sedang terjadi dalam tubuhmu 15 00:01:40,036 --> 00:01:42,596 perasaanmu, 16 00:01:44,506 --> 00:01:46,151 pikiranmu, 17 00:01:46,791 --> 00:01:49,031 dan apa yang sedang terjadi di dunia ini. 18 00:01:49,641 --> 00:01:54,674 Saya ingat jelas suatu ketika di Plum Village, 19 00:01:54,924 --> 00:01:59,791 Thay menciptakan kalimat ini, 'Guru bahagia akan mengubah dunia'. 20 00:02:00,121 --> 00:02:04,911 Sejak itu, Thay telah menulis kaligrafi, 'Happy teachers will change the world', 21 00:02:05,181 --> 00:02:08,991 dan kami telah mengembangkan inisiatif 'Wake Up School', 22 00:02:09,611 --> 00:02:14,161 yang merupakan persembahan kami untuk membawa kewawasan 23 00:02:14,381 --> 00:02:18,071 dan latihan dari tradisi Plum Village 24 00:02:18,771 --> 00:02:22,121 ditawarkan kepada para guru, kelas dan sekolah. 25 00:02:24,252 --> 00:02:27,299 Thay, guru kami, sangat ingin ini terjadi. 26 00:02:29,079 --> 00:02:31,522 Jika para guru tahu cara melakukannya, 27 00:02:31,942 --> 00:02:34,751 mereka akan mentransmisikan latihan itu kepada muridnya. 28 00:02:35,691 --> 00:02:38,553 Latihan ini mungkin dilakukan di dalam kelas, 29 00:02:39,713 --> 00:02:41,923 dan kelasnya akan lebih bahagia. 30 00:02:46,623 --> 00:02:54,043 Dalam pendidikan, kita ingin menumbuhkan kebahagiaan dan kebebasan. 31 00:02:54,563 --> 00:02:58,564 Itu adalah dua hal yang saya rasa sangat mendasar bagi semua jenis pendidikan. 32 00:02:58,954 --> 00:03:02,631 Membantu para guru lebih bahagia dalam pekerjaannya, 33 00:03:03,481 --> 00:03:08,097 membantu para murid, lingkungan kelas, 34 00:03:08,357 --> 00:03:11,461 menjadi tempat yang menyenangkan. 35 00:03:12,341 --> 00:03:16,101 Membuat sekolah menjadi keluarga kedua 36 00:03:16,701 --> 00:03:23,147 Para guru, murid, dan seluruh sekolah, juga para orang tua, 37 00:03:23,577 --> 00:03:29,221 sebagai usaha bersama untuk menciptakan tempat, bukan urusan masa depan 38 00:03:29,421 --> 00:03:33,131 tentang karir dan pekerjaan, dan jabatan, dan keuangan, 39 00:03:34,091 --> 00:03:39,211 tapi sebagai tempat menikmati hidup dan pembelajaran, 40 00:03:39,211 --> 00:03:40,914 dan menikmati eksplorasi. 41 00:03:41,474 --> 00:03:45,691 Saat lahir, kita tidak tahu bagaimana untuk berbahagia. 42 00:03:46,951 --> 00:03:50,655 Ada sukacita dalam anak itu lalu bagaimana kita mempertahankannya, 43 00:03:51,035 --> 00:03:55,361 bagaimana menumbuhkannya, bagaimana membuatnya lebih lama, 44 00:03:55,631 --> 00:03:58,381 jadi ia bisa menghadapi 45 00:04:00,111 --> 00:04:02,371 semua jenis kesulitan. 46 00:04:02,661 --> 00:04:07,805 Seorang guru bijak memberitahu saya bahwa guru yang baik pertama-tama perlu bahagia 47 00:04:08,065 --> 00:04:11,913 karena Anda mentransmisikan kehadiran Anda kepada muridmu, 48 00:04:11,913 --> 00:04:13,975 Anda seperti cuaca dalam ruangan kelas. 49 00:04:14,745 --> 00:04:20,974 Kewawasan dan kemampuan melihat sesuatu dengan sudut pandang berbeda, 50 00:04:21,264 --> 00:04:25,320 hanya melalui senyuman, 51 00:04:26,580 --> 00:04:29,630 bernapas dan bergerak dengan pelan. 52 00:04:30,280 --> 00:04:33,142 Siapa yang bisa berpikir bahwa itu sangat sederhana! 53 00:04:35,219 --> 00:04:38,219 (Bunyi genta) 54 00:04:42,023 --> 00:04:45,733 Retret Pendidik, St. Catherines, Canada 55 00:05:17,543 --> 00:05:19,668 Hidup di planet ini, 56 00:05:19,968 --> 00:05:23,165 dan melangkah di atas planet indah ini, 57 00:05:23,445 --> 00:05:25,072 adalah suatu keajaiban. 58 00:05:30,661 --> 00:05:33,575 Berjalan berkewawasan berarti 59 00:05:34,345 --> 00:05:41,678 Anda menyentuh tanah di planet Bumi dengan penuh kewawasan, 60 00:05:43,021 --> 00:05:46,503 dan Anda menyentuh semua keajaiban hidup. 61 00:05:55,782 --> 00:06:02,673 Berkewawasan memperkenankan kita waspada bahwa kita hidup, 62 00:06:03,725 --> 00:06:07,362 bahwa kita berjalan di dalam planet ini. 63 00:06:09,241 --> 00:06:14,342 Setiap langkah bisa menyembuhkan, setiap langkah bisa memperkuat hati, 64 00:06:14,802 --> 00:06:18,352 setiap langkah bisa membebaskan kita dari masa lalu dan masa depan, 65 00:06:18,672 --> 00:06:21,782 sehingga kita bisa sungguh-sungguh menikmati saat ini, 66 00:06:22,112 --> 00:06:25,538 dan ada di antara kita yang mampu menyembuhkan diri sendiri, 67 00:06:25,538 --> 00:06:29,948 hanya dengan berjalan berkewawasan. 68 00:06:36,613 --> 00:06:39,838 Saya berjalan berkewawasan, 69 00:06:41,648 --> 00:06:43,508 memperhatikan langkahku, 70 00:06:43,988 --> 00:06:49,254 dan saat itu, melihat kedua kelompok ini datang bersama, 71 00:06:49,864 --> 00:06:54,561 dan bergabung menjadi suatu komunitas besar, 72 00:06:55,031 --> 00:06:58,871 pada saat itu saya merasakan sukacita besar dalam diri saya. 73 00:07:07,911 --> 00:07:12,235 Saya ingat Thay selalu meminta kami untuk kembali ke rumah kami. 74 00:07:12,745 --> 00:07:14,922 Tentu saja secara mental, secara intelektual, 75 00:07:14,922 --> 00:07:19,362 Saya tahu ia kembali pada saya sendiri, pada saat kini, 76 00:07:20,002 --> 00:07:22,466 tapi pada saat itu saya tiba-tiba -- 77 00:07:23,826 --> 00:07:26,786 mengerti apa yang beliau ucapkan. 78 00:07:27,586 --> 00:07:30,691 Pulang kembali ke rumah, rumah itu 79 00:07:31,201 --> 00:07:35,961 mungkin suatu komunitas kita berjalan bersama, 80 00:07:36,291 --> 00:07:38,394 mengalir bagaikan sungai. 81 00:07:38,704 --> 00:07:43,547 bukan tak bergerak, namun mengalir, 82 00:07:43,847 --> 00:07:46,790 dan interkoneksinya, 83 00:07:48,160 --> 00:07:50,500 pulang kembali ke rumah, pada perasaan ini, 84 00:07:50,780 --> 00:07:53,455 saat kini dari hubungan interkoneksi, 85 00:07:53,945 --> 00:07:57,335 Saya merasa, "Alangkah indahnya!". 86 00:08:08,511 --> 00:08:11,811 (Bunyi genta) 87 00:08:32,584 --> 00:08:35,584 (Bunyi genta) 88 00:09:01,805 --> 00:09:04,877 Tiada upaya merupakan dasar dari latihan ini. 89 00:09:05,207 --> 00:09:09,916 Anda tidak berjuang, tidak bergulat, tidak memaksa latihan ini pada Anda sendiri. 90 00:09:09,916 --> 00:09:13,216 Anda tidak menderita karena latihan ini. 91 00:09:13,836 --> 00:09:17,834 Anda hanya menikmati napas masuk, Anda hanya menikmati langkah damai. 92 00:09:19,744 --> 00:09:22,432 Dan saat Anda bernapas 93 00:09:23,512 --> 00:09:29,472 Anda merasa damai, mendalam, harmonis, 94 00:09:29,742 --> 00:09:34,921 badan Anda akan mendapat manfaat dari itu, badan Anda akan menjadi lebih lega, 95 00:09:35,381 --> 00:09:41,961 lebih damai dan juga perasaan Anda akan lebih damai. 96 00:09:43,306 --> 00:09:50,296 Dalam sehari-hari, seringkali badan kita ada di sana tapi pikiran di tempat lain. 97 00:09:51,612 --> 00:09:54,899 Pada momen ini Anda tidak benar-benar hidup. 98 00:09:57,564 --> 00:10:02,209 Menurut latihan ini, Anda cukup bernapas berkewawasan, 99 00:10:02,499 --> 00:10:07,754 dan menumpang napas Anda dan pulang ke rumah hanya dalam 1, 2, 3 detik. 100 00:10:08,589 --> 00:10:14,324 Saat pikiran bersama badan, Anda hadir utuh di sini dan saat ini, 101 00:10:15,520 --> 00:10:18,670 dan Anda bisa menyentuh keajaiban hidup 102 00:10:19,220 --> 00:10:23,882 dalam dan sekitar kehidupan untuk pemeliharaan dan penyembuhan diri. 103 00:10:25,056 --> 00:10:27,819 Ketika saya menggunakan latihan kewawasan 104 00:10:27,819 --> 00:10:32,307 untuk membantu saya agar lebih jernih dalam kelas, 105 00:10:32,697 --> 00:10:34,707 dengan stres yang akan datang, 106 00:10:35,007 --> 00:10:37,206 dan untuk hadir untuk murid-murid, 107 00:10:37,536 --> 00:10:39,643 dan juga tahu saat saya tidak seperti itu. 108 00:10:39,963 --> 00:10:44,538 Untuk mencoba menemukan jalan membawa kesegaran, kehadiran pada diri sendiri. 109 00:10:47,118 --> 00:10:52,328 Guru yang bahagia adalah guru yang mempunyai waktu 110 00:10:53,078 --> 00:10:56,778 untuk hadir untuk dirinya sendiri. 111 00:10:57,948 --> 00:11:00,771 Seseorang yang tahu bagaimana merawat dirinya sendiri, 112 00:11:00,771 --> 00:11:02,568 keseimbangan secukupnya, 113 00:11:02,908 --> 00:11:06,745 mereka tahu bagaimana mengatasi tantangan yang mereka hadapi. 114 00:11:07,265 --> 00:11:10,944 Karena salah satu masalah terbesar dalam mengajar sebenarnya adalah 115 00:11:10,944 --> 00:11:15,673 bahwa para guru memberi terlalu banyak, tanpa mendapatkan sesuatu, 116 00:11:16,013 --> 00:11:19,452 dan kita mempunyai masalah besar akan guru yang terlalu stres dan burnout 117 00:11:19,912 --> 00:11:22,022 Para guru bisa kelihatan sangat sibuk, 118 00:11:22,022 --> 00:11:24,601 membagikan ini, melakukan itu, sudah menggunakan komputer, 119 00:11:24,601 --> 00:11:27,132 tapi apa yang sebenarnya diperoleh para murid? 120 00:11:27,492 --> 00:11:29,925 Apa yang sebenarnya ditanamkan pada diri anak muda? 121 00:11:29,925 --> 00:11:31,466 Itu pertanyaan yang sulit. 122 00:11:31,886 --> 00:11:37,099 Anak-anak keluar masuk sepanjang hari, mereka datang hanya untuk 45 atau 90menit. 123 00:11:37,809 --> 00:11:41,080 banyak transisi, bisa sangat hektik. 124 00:11:41,650 --> 00:11:44,027 Jadi, saya akan mulai dengan latihan sederhana. 125 00:11:44,597 --> 00:11:46,864 Seperti yang brother lakukan pertama di sini, 126 00:11:46,964 --> 00:11:51,826 anak-anak diminta duduk dalam lingkaran, dan saya akan membunyikan genta. 127 00:11:52,056 --> 00:11:55,556 Saya akan mengeluarkan genta kecil, dan saya berkata pada murid, 128 00:11:55,556 --> 00:11:58,501 badan kita ada di sini, tapi di manakah pikiran kita? 129 00:11:58,741 --> 00:12:03,125 Pikiran kita mungkin masih pada makan siang, atau masih di kelas matematika. 130 00:12:03,405 --> 00:12:08,594 Jika satu tangan mewakili pikiran, dan tangan yang lain mewakili badan, 131 00:12:08,924 --> 00:12:11,943 saat saya membunyikan genta dan kita sadar akan napas kita, 132 00:12:12,253 --> 00:12:15,271 pikiran dan badan kita akan bersama. 133 00:12:16,494 --> 00:12:18,754 (setengah genta) 134 00:12:19,716 --> 00:12:23,096 (Bunyi genta) 135 00:12:26,023 --> 00:12:29,010 Saya mendengar, saya mendengar. 136 00:12:30,800 --> 00:12:32,450 Anda mendengarkan mendalam. 137 00:12:32,800 --> 00:12:35,937 Anda mengizinkan suara genta masuk dalam badan Anda, 138 00:12:36,287 --> 00:12:38,221 setiap sel dalam badan Anda. 139 00:12:41,991 --> 00:12:44,541 (Bunyi genta) 140 00:12:45,012 --> 00:12:47,135 Dan saat Anda bernapas keluar, Anda berkata, 141 00:12:47,135 --> 00:12:50,689 suara indah ini membawaku kembali ke rumah sejatiku, 142 00:12:56,207 --> 00:12:58,247 untuk benar-benar hadir dalam ruangan kelas. 143 00:12:58,247 --> 00:13:02,257 Maksud saya, badan Anda bisa ada di sana, tapi pikiran Anda mungkin tidak di sana, 144 00:13:02,607 --> 00:13:05,543 dan saat Anda wawas sepenuhnya, pikiran dan badan Anda hadir di sana, 145 00:13:05,543 --> 00:13:07,918 dan Anda mempunyai lebih banyak kesempatan untuk-- 146 00:13:08,028 --> 00:13:10,552 Jika Anda di sana, Anda tahu siapa yang ada di sana, 147 00:13:10,562 --> 00:13:13,791 Anda tahu Anda ada di sana, dan Anda bisa berjumpa nyata, 148 00:13:14,041 --> 00:13:17,899 komunikasi nyata dengan orang lain, dan pembelajaran sebenarnya bisa terjadi 149 00:13:18,179 --> 00:13:21,405 Ada 2 manusia yang benar-benar tersambungkan satu sama lainnya, 150 00:13:21,685 --> 00:13:23,462 karena mereka berdua hadir. 151 00:13:24,072 --> 00:13:27,513 Itu adalah momen persembahan hidup. 152 00:13:27,513 --> 00:13:29,086 Seperti yang Thay katakan, 153 00:13:30,106 --> 00:13:33,646 "Hadiah terbaik yang Anda bisa tawarkan adalah kehadiran sejati Anda." 154 00:13:33,876 --> 00:13:35,839 Jadi Anda harus mulai dengan para guru. 155 00:13:35,929 --> 00:13:40,163 Anda harus memiliki guru yang tenang, terpusat, 156 00:13:40,493 --> 00:13:42,601 bisa benar-benar hadir untuk anak-anak. 157 00:13:43,561 --> 00:13:46,519 Jadi berkewawasan adalah kuncinya, dan itu dimulai dari kita, 158 00:13:46,519 --> 00:13:49,609 itu dimulai dengan mampunya kita pulang kembali ke rumah diri sendiri, 159 00:13:49,799 --> 00:13:52,767 hadir untuk kita sendiri, 160 00:13:53,187 --> 00:13:57,295 dan saat mengajar dan pembelajaran menjadi-- 161 00:14:01,079 --> 00:14:05,749 pengalaman koneksi penuh berkah 162 00:14:07,379 --> 00:14:09,205 Berkualitas, 163 00:14:09,515 --> 00:14:13,475 karena Anda mempelajari info dan Anda belajar menjadi umat manusia 164 00:14:13,765 --> 00:14:15,410 pada saat bersamaan. 165 00:14:19,985 --> 00:14:22,985 (Bunyi genta) 166 00:14:26,021 --> 00:14:30,085 Sahabat terkasih, makan bisa menjadi meditasi yang dalam juga. 167 00:14:31,405 --> 00:14:36,277 Selama sarapan atau makan siang, kita bisa menghentikan pikiran kita. 168 00:14:39,762 --> 00:14:42,452 Saat saya mengambil sepotong roti, 169 00:14:44,492 --> 00:14:48,821 saya mungkin menghabiskan 1 atau 2 detik 170 00:14:49,441 --> 00:14:51,761 untuk mengenali bahwa itu adalah sepotong roti. 171 00:14:51,831 --> 00:14:53,457 Itu berkewawasan. 172 00:14:55,980 --> 00:14:59,171 Dan kewawasan mengandung unsur konsentrasi di dalamnya, 173 00:14:59,921 --> 00:15:03,301 dan sedetik kewawasan dan konsentrasi, 174 00:15:03,711 --> 00:15:08,365 mengizinkan saya melihat bahwa roti ini mengandung seluruh kosmos. 175 00:15:12,378 --> 00:15:17,245 Hujan, awan, bumi, 176 00:15:17,675 --> 00:15:21,585 waktu, ruang, petani, segalanya. 177 00:15:24,909 --> 00:15:28,216 Saat Anda menaruh sepotong roti itu ke dalam mulut Anda, 178 00:15:28,536 --> 00:15:31,087 Anda berhubungan dengan seluruh kosmos. 179 00:15:32,306 --> 00:15:38,673 Kita bisa makan setiap butir dari sarapan atau makan siang dengan cara begitu. 180 00:15:39,826 --> 00:15:45,776 Dari waktu ke waktu kita berhenti makan dan kita waspada akan praktisi lain, 181 00:15:46,126 --> 00:15:49,049 saudara-saudari dalam Dharma yang hadir bersama, 182 00:15:49,369 --> 00:15:55,569 yang bisa membantu membangun jiwa, 183 00:15:55,866 --> 00:16:00,512 energi kekeluargaan, sukacita dan kedamaian. 184 00:16:07,444 --> 00:16:10,444 (Bunyi genta) 185 00:16:15,923 --> 00:16:19,203 Dalam keluarga diskusi Dharma kita, 186 00:16:20,793 --> 00:16:23,593 kita hanya duduk dalam lingkaran dan kita berbagi- 187 00:16:24,643 --> 00:16:28,641 mungkin 25 orang yang tidak pernah saling bertemu sebelumnya. 188 00:16:31,131 --> 00:16:34,172 Mereka mendapat banyak dari pengalaman itu 189 00:16:34,492 --> 00:16:37,742 karena kami membuatnya sedemikian rupa, 190 00:16:38,042 --> 00:16:42,534 agar setiap orang berkesempatan berbagi dan didengar, 191 00:16:43,044 --> 00:16:47,430 dan energi konsentrasi, mendengar, sangatlah mendalam. 192 00:16:48,700 --> 00:16:53,898 Kita tidak masuk dalam dialog, dan kita tidak menginterupsi. 193 00:16:55,628 --> 00:17:00,667 Anda tidak mendapatkan nasihat, Anda mendengar orang berbagi pengalamannya sendiri, 194 00:17:01,057 --> 00:17:03,871 dan itu mungkin berhubungan dengan pengalaman orang lain. 195 00:17:03,891 --> 00:17:07,742 Anda mendengar pengalaman autentik langsung dari orangnya. 196 00:17:07,742 --> 00:17:12,134 Mereka membuka diri, berbagi dari hati, apa yang terjadi padanya, 197 00:17:12,134 --> 00:17:15,475 apa pengalaman, apa kesulitannya, 198 00:17:17,995 --> 00:17:20,224 apa keberhasilan mereka, 199 00:17:21,654 --> 00:17:27,014 apa yang mereka temukan berguna bagi mereka. 200 00:17:27,614 --> 00:17:32,434 Jadi kita bertukar pengalaman yang bermanfaat, 201 00:17:32,434 --> 00:17:34,365 dan juga kita bisa-- 202 00:17:36,855 --> 00:17:42,575 meletakkan beban kita, jika kita mengalami kesulitan. 203 00:17:43,535 --> 00:17:47,270 Berbagai penyembuhan terjadi, dan mereka mengalami perasaan 204 00:17:47,270 --> 00:17:50,647 kekeluargaan dalam lingkaran seperti ini, 205 00:17:51,727 --> 00:17:55,885 seolah-olah penuh keajaiban. 206 00:17:57,285 --> 00:18:02,227 Dalam diskusi Dharma, saya menangis selama setiap sesi itu, 207 00:18:02,227 --> 00:18:04,135 karena ada persaudaraan sedemikian-- 208 00:18:04,135 --> 00:18:05,709 kita memiliki beberapa saudara-- 209 00:18:06,479 --> 00:18:08,929 tapi ada ikatan persaudaraan di sana. 210 00:18:09,479 --> 00:18:12,344 Rasa memiliki dalam komunitas, 211 00:18:12,344 --> 00:18:14,791 itu sesuatu yang terjadi dalam retret di sini, 212 00:18:14,791 --> 00:18:19,137 sangatlah kuat dan inspiratif. 213 00:18:19,421 --> 00:18:22,017 Ada dukungan yang sangat hebat, 214 00:18:22,637 --> 00:18:25,104 rasa aman, 215 00:18:26,144 --> 00:18:28,994 ada perlindungan dalam ajaran-- 216 00:18:29,444 --> 00:18:33,493 Rasa kesakralan, rasa-- 217 00:18:36,353 --> 00:18:37,773 cinta yang dalam. 218 00:18:40,961 --> 00:18:46,881 (Anak-anak bernyanyi) 219 00:19:13,055 --> 00:19:16,055 (Bunyi genta) 220 00:19:29,121 --> 00:19:30,950 Setelah 4 atau 5 hari 221 00:19:31,720 --> 00:19:35,263 hanya berada dalam energi kolektif 222 00:19:35,753 --> 00:19:39,883 damai, hening, kewawasan, lega ini 223 00:19:40,323 --> 00:19:44,281 tidak ada proyek yang harus dikerjakan, rapat yang harus dihadiri, 224 00:19:44,821 --> 00:19:50,136 hanya melepas pemikiran, kembali pada napas, 225 00:19:50,416 --> 00:19:52,841 waspada akan badan dan emosi kita 226 00:19:53,881 --> 00:19:55,645 selama 4 atau 5 hari-- 227 00:19:57,455 --> 00:20:01,022 Saya pikir mereka sangat tersentuh 228 00:20:01,802 --> 00:20:04,211 karena kita cukup perhatian. 229 00:20:10,371 --> 00:20:12,812 Akan selalu ada bagian inti dari Wake Up School-- 230 00:20:13,172 --> 00:20:14,854 merawat guru. 231 00:20:26,921 --> 00:20:31,911 (Suara drum tribal) 232 00:21:35,253 --> 00:21:39,031 Ada energi kebiasaan dalam setiap diri kita. 233 00:21:40,374 --> 00:21:42,046 Kita terbiasa berlari. 234 00:21:45,644 --> 00:21:49,865 Umumnya orang tidak suka pulang kembali ke rumahnya sendiri 235 00:21:50,266 --> 00:21:52,865 bersentuhan dengan penderitaan di hatinya. 236 00:21:54,165 --> 00:21:58,608 Mereka takut dibanjiri penderitaan dari dalam, 237 00:21:59,298 --> 00:22:02,649 jadi cara umunnya adalah mencoba 238 00:22:03,139 --> 00:22:06,979 melarikan diri dari penderitaannya 239 00:22:08,399 --> 00:22:10,763 Mereka mencoba mengubur penderitaan di hantinya, 240 00:22:11,073 --> 00:22:15,028 kesepian, ketakutan, kemarahan dan keputus-asaan dirinya. 241 00:22:21,325 --> 00:22:23,208 Untuk seorang guru, 242 00:22:25,938 --> 00:22:28,498 untuk seorang guru sekolah, hal pertama yang dilakukan 243 00:22:28,498 --> 00:22:31,412 adalah kembali ke rumah dirinya sendiri. 244 00:22:37,726 --> 00:22:40,176 Jalar keluarnya adalah masuk. The way out is in 245 00:22:44,558 --> 00:22:47,433 Kembali pada diri sendiri 246 00:22:49,193 --> 00:22:53,003 dan merawat diri sendiri. 247 00:22:54,313 --> 00:22:57,037 Belajar membangkitkan sukacita, 248 00:22:57,747 --> 00:23:00,955 belajar membangkitkan kebahagiaan, 249 00:23:01,565 --> 00:23:04,063 belajar mengatasi 250 00:23:04,633 --> 00:23:06,433 perasaan menyakitkan, 251 00:23:07,793 --> 00:23:09,833 emosi menyakitkan. 252 00:23:10,683 --> 00:23:12,371 Mendengarkan penderitaan, 253 00:23:12,681 --> 00:23:18,554 mengizinkan pengertian dan welas asih lahir dan mengurangi penderitaan. 254 00:23:20,104 --> 00:23:21,491 Ini adalah langkah pertama. 255 00:23:22,211 --> 00:23:26,043 Dia harus melakukan itu, itu adalah langkah pertama. 256 00:23:26,926 --> 00:23:29,048 5 tahun yang lalu ayah saya meninggal dunia, 257 00:23:32,528 --> 00:23:34,378 dan saat itu saya-- 258 00:23:34,798 --> 00:23:37,517 Pembengkakan pembuluh darah, sangat mendadak, 259 00:23:37,767 --> 00:23:39,376 kemudian-- 260 00:23:43,396 --> 00:23:45,426 Saya menarik diri. 261 00:23:46,066 --> 00:23:48,111 Saya bisa ingat pada saat itu, 262 00:23:51,031 --> 00:23:52,591 saya tidak tahu-- 263 00:23:54,411 --> 00:23:56,664 orang-orang mencoba mengeluarkannya dari saya. 264 00:23:56,664 --> 00:23:59,586 Istri saya mencoba keras mengajak saya berbicara tentang itu. 265 00:23:59,716 --> 00:24:02,431 Saya tidak bisa. Saya pikir, saya bisa mengendalikannya. 266 00:24:02,501 --> 00:24:06,333 Pikiran rasional saya berpikir, saya bisa mengendalikan pengalaman ini. 267 00:24:07,333 --> 00:24:12,289 Tapi sejak saat itu, saya kehilangan kesabaran, 268 00:24:12,669 --> 00:24:17,465 saya berteriak, meninggikan suara, hal-hal terjadi, 269 00:24:18,125 --> 00:24:21,485 tapi datang ke sini, pada awal retret ini 270 00:24:21,735 --> 00:24:23,381 Thay berkomentar, beliau berkata, 271 00:24:23,571 --> 00:24:27,144 "Terkadang melalui latihan, kamu bisa menyentuh penderitaanmu." 272 00:24:27,264 --> 00:24:29,345 Saya tidak benar-benar-- 273 00:24:30,425 --> 00:24:31,575 saya mendengar-- 274 00:24:32,405 --> 00:24:38,030 tapi kemudian, ada sister memimpin meditasi 'anak kecil di hati'. 275 00:24:38,610 --> 00:24:42,948 Kita membayangkan anak dalam hati itu, 276 00:24:43,668 --> 00:24:45,968 merawat kerapuhan diri sendiri, 277 00:24:46,428 --> 00:24:49,980 kemudian dia berlanjut pada ibu dalam diri kita, 278 00:24:50,440 --> 00:24:55,845 dan saya sangat mencintai ibu saya, itu adalah waktu yang sulit bagi beliau, 279 00:24:56,405 --> 00:25:00,327 tapi walaupun saya mencoba berkonsentrasi, saya menjadi berpikir, 280 00:25:01,577 --> 00:25:05,477 ayo berlanjut pada ayah, berlanjut pada ayah dalam diriku, 281 00:25:06,147 --> 00:25:08,548 dan itu-- 282 00:25:10,168 --> 00:25:14,075 jadi saya menyebabkan istri saya menderita, juga bagi anak-anak saya, 283 00:25:14,455 --> 00:25:17,534 dan bagi murid saya, dengan tidak tahu akan kemarahan saya. 284 00:25:17,934 --> 00:25:20,758 Saya merasa, saat itu, 285 00:25:21,948 --> 00:25:25,438 bahwa saya menyentuh penderitaan saya. 286 00:25:57,035 --> 00:26:01,604 Ini karena orang-orang ini, mereka telah banyak mengajar saya. 287 00:26:02,164 --> 00:26:06,362 Dan itu terlalu berlebihan bagi saya, 288 00:26:07,812 --> 00:26:09,542 dan saya sangat berterima kasih. 289 00:26:10,812 --> 00:26:13,621 Kita bisa berbicara tentang kebaikan dari penderitaan. 290 00:26:14,481 --> 00:26:17,557 Jika Anda tahu bagaimana merangkul penderitaan, 291 00:26:18,787 --> 00:26:21,748 menggendongnya dengan lembut, melihatnya dengan dalam, 292 00:26:22,388 --> 00:26:26,503 maka Anda akan bisa membangkitkan energi welas asih, 293 00:26:26,803 --> 00:26:28,301 dan pengertian, 294 00:26:29,131 --> 00:26:31,836 yang merupakan dasar dari kebahagiaan sejati. 295 00:26:34,401 --> 00:26:39,584 Seperti halnya Anda menanam bunga teratai, Anda membutuhkan lumpur. 296 00:26:41,344 --> 00:26:43,945 Teratai tidak bisa tumbuh di atas marmer. 297 00:26:47,215 --> 00:26:49,992 Tanpa lumpur, Anda tidak bisa menanam bunga teratai. 298 00:26:50,502 --> 00:26:54,393 Hal yang sama berlaku untuk kebahagiaan dan penderitaan. 299 00:26:55,223 --> 00:26:57,248 Praktisi yang baik tahu 300 00:26:57,588 --> 00:27:02,041 bagaimana memanfaatkan penderitaan untuk menumbuhkan kebahagiaan. 301 00:27:03,181 --> 00:27:04,537 Ada guru dalam retret kami 302 00:27:04,717 --> 00:27:07,784 yang ingin datang dan belajar kurikulum dan teknik, 303 00:27:09,174 --> 00:27:14,865 tapi akhirnya, kita mengajari mereka bagaimana merubah dirinya, 304 00:27:15,375 --> 00:27:17,874 dan membawa kebahagiaan dalam hidup mereka sendiri. 305 00:27:17,874 --> 00:27:21,125 Ini lebih hebat dari kurikulum atau teknik manapun. 306 00:27:21,615 --> 00:27:24,993 Walaupun penting untuk mengajar anak muda tentang kewawasan, 307 00:27:25,233 --> 00:27:28,707 lebih penting lagi bagi kita sebagai guru untuk hidup berkewawasan, 308 00:27:29,097 --> 00:27:32,926 karena anak-anak meniru apa yang Anda tunjukkan, siapa diri Anda, 309 00:27:33,306 --> 00:27:36,636 lebih daripada saat Anda memberitahu mereka apa yang harus dilakukan. 310 00:27:36,636 --> 00:27:40,589 itu hal mendasar bagi semua jenis ajaran-- 311 00:27:41,899 --> 00:27:45,838 guru perlu menguasainya dulu sebelum mereka berbagi dengan muridnya. 312 00:28:12,095 --> 00:28:18,594 (Suara nyanyian) 313 00:28:51,083 --> 00:28:53,054 Retret pertama saya ini, 314 00:28:53,674 --> 00:28:58,366 sungguh membuka mata dan hati saya, 315 00:28:59,496 --> 00:29:02,298 karena saya menganggap saya sendiri skeptis (suka curiga). 316 00:29:02,758 --> 00:29:08,593 Ada sejumlah kecil penelitian, tapi sangat hebat, 317 00:29:08,833 --> 00:29:12,402 dan menunjukkan bahwa berkewawasan dengan anak muda 318 00:29:12,652 --> 00:29:15,753 mempunyai dampak yang sama dengan berkewawasan bagi orang dewasa, 319 00:29:15,793 --> 00:29:19,293 di mana ada bukti kuat yang menunjukkan, 320 00:29:19,643 --> 00:29:22,924 bahwa intinya pikiran anak muda itu sama dengan pikiran orang dewasa. 321 00:29:22,924 --> 00:29:26,481 Mereka menunjukkan bahwa berkewawasan mempunyai dampak 322 00:29:26,761 --> 00:29:30,491 bagi kesehatan mental, stres, kecemasan, depresi. 323 00:29:30,911 --> 00:29:35,617 Ia bisa membantu belajar lebih efektif dan ini sangat penting bagi sekolah, 324 00:29:35,887 --> 00:29:39,494 yang sayangnya, mungkin tidak tertarik akan bagian kesehatan mental-- 325 00:29:40,344 --> 00:29:42,464 tapi selalu terinspirasi dari ide 326 00:29:42,464 --> 00:29:46,919 hasil yang meningkat, pembelajaran baik, konsentrasi lebih baik dan seterusnya. 327 00:29:47,589 --> 00:29:51,508 Berkewawasan kelihatannya meningkatkan sekolah dari sisi itu, 328 00:29:52,038 --> 00:29:56,129 dan membantu anak-anak untuk berhubungan lebih baik satu sama lain, 329 00:29:56,499 --> 00:30:00,839 berkelakuan lebih baik, kurang impulsif, 330 00:30:01,289 --> 00:30:03,515 dan menangani emosinya lebih baik. 331 00:30:04,025 --> 00:30:07,383 Saya merasakan perbedaan dalam diri saya 332 00:30:07,383 --> 00:30:11,003 dari meditasi berjalan setiap hari, 333 00:30:12,093 --> 00:30:14,961 meditasi duduk dan meditasi yang dipandu, 334 00:30:15,181 --> 00:30:21,056 apa yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kemampuan untuk membuka diri saya, 335 00:30:21,256 --> 00:30:26,646 dan kemampuan mengamati reaksi saya sebelum mereka melampaui batas. 336 00:30:26,866 --> 00:30:33,601 Jadi perubahan ini bukan hanya subjektif tapi mereka terlihat dalam pengamatan otak 337 00:30:33,871 --> 00:30:36,095 dan saya pikir itu sangat mempengaruhi 338 00:30:36,395 --> 00:30:40,144 bagi mereka yang ingin tahu apakah ada ilmu pengetahuan di sini 339 00:30:40,454 --> 00:30:42,406 atau hanyalah angan-angan. 340 00:30:42,616 --> 00:30:46,325 Anda sebenarnya bisa melihat perubahan fisiologis dalam otak. 341 00:30:46,741 --> 00:30:50,141 (Bunyi genta) 342 00:30:55,697 --> 00:30:59,477 (Musik gitar) 343 00:31:07,300 --> 00:31:08,440 Wow. 344 00:31:08,585 --> 00:31:10,093 Sangat menakjubkan. 345 00:31:11,877 --> 00:31:14,555 Bernapas masuk, bernapas keluar. 346 00:31:14,895 --> 00:31:20,268 Hanya bayangan akan banyak orang-- orang awam, guru, administrator, 347 00:31:20,868 --> 00:31:24,117 yang diinspirasi dari pesan-pesan ini. 348 00:31:24,327 --> 00:31:29,286 Hanya impian akan orang-orang tersebut duduk bermeditasi di aula, 349 00:31:29,586 --> 00:31:30,898 mendengarkan Thay, 350 00:31:31,228 --> 00:31:35,946 dalamnya diskusi yang terjadi dalam grup Dharma kecil di mana kita berada, 351 00:31:36,436 --> 00:31:40,793 cara orang membuka diri satu sama lain, kejujuran, kesegaran. 352 00:31:41,133 --> 00:31:44,496 Itu dukungan sejati dari kewawasan 353 00:31:44,776 --> 00:31:51,074 sebagai cara hidup, dan cara membantu orang lain untuk merasa lebih autentik, 354 00:31:51,774 --> 00:31:56,544 yang mana bukanlah merasa bahagia dengan bersikap gembira dan tersenyum. 355 00:31:56,774 --> 00:31:59,701 Ada banyak air mata, dan banyak pembukaan diri, 356 00:31:59,841 --> 00:32:02,831 tapi memperbarui rasa saling menyentuh, 357 00:32:03,141 --> 00:32:06,196 menyentuh rasa kemanusiaan setiap orang dan dalam diri sendiri, 358 00:32:06,196 --> 00:32:08,623 merasa bagian dari keseluruhan yang lebih besar. 359 00:32:08,873 --> 00:32:10,523 Itu tidak ternilai harganya. 360 00:32:10,743 --> 00:32:16,068 Tahu bahwa penderitaan adalah kebahagiaan dan kebahagiaan adalah penderitaan-- 361 00:32:19,630 --> 00:32:23,734 Jadi kewawasan ini bukan hanya teknik untuk sukses, 362 00:32:24,527 --> 00:32:27,192 tapi teknik untuk menjadi manusia bebas. 363 00:32:28,544 --> 00:32:32,406 Jika Anda terus menggunakannya, teknik itu akan menjadi niat sesungguhnya. 364 00:32:33,174 --> 00:32:38,679 Bukan sekadar mengurangi stres atau menjadi murid berhasil, 365 00:32:39,559 --> 00:32:44,128 tapi sebenarnya datang dari penderitaan terdalammu 366 00:32:44,438 --> 00:32:47,355 dan mencari cara untuk bebas darinya, 367 00:32:47,735 --> 00:32:51,252 dan melepas simpul yang tersendat dalam pikiranmu. 368 00:32:51,874 --> 00:32:57,353 Ini lebih menjadi perhatian utama. 369 00:33:09,155 --> 00:33:12,113 Saya bisa melakukannya dan saya bisa berbagi. 370 00:33:12,423 --> 00:33:15,184 Datang ke sini membuat saya lebih bersemangat 371 00:33:15,184 --> 00:33:18,354 dan penuh harapan akan tahun ajaran baru, 372 00:33:18,354 --> 00:33:22,015 dan tidak memaksa apa yang telah saya pelajari pada murid saya, 373 00:33:22,015 --> 00:33:25,444 tapi memberi mereka seorang guru yang bahagia, 374 00:33:25,444 --> 00:33:28,898 guru yang bisa menemukan kedamaian dan kegembiraan dalam ruangan kelas. 375 00:33:28,898 --> 00:33:36,256 Saya punya harapan besar bagi masa depan dan apa yang bisa kulakukan sebagai guru. 376 00:33:36,256 --> 00:33:41,608 Tahu bahwa saya bisa menjadi bagian dari gerakan berkewawasan ini-- 377 00:33:52,118 --> 00:33:54,624 yang bisa mengubah dunia. 378 00:33:55,384 --> 00:33:56,994 Kita telah berbicara tentang itu, 379 00:33:56,994 --> 00:34:00,933 tema bahwa guru yang bahagia bisa mengubah dunia. 380 00:34:01,949 --> 00:34:05,041 Anak-anak yang bahagia yang akan mengubah dunia. 381 00:34:05,261 --> 00:34:10,986 Kita hanyalah kendaraan yang membawa gerakan itu kemanapun kita pergi, 382 00:34:12,126 --> 00:34:16,481 Dan proyek jangka panjang, berpikir bahwa 383 00:34:16,821 --> 00:34:21,671 kita bisa hidup seperti ini, dan kita bisa berlatih lebih banyak lagi, 384 00:34:22,201 --> 00:34:24,343 seperti apa dampaknya bagi dunia. 385 00:34:25,405 --> 00:34:28,702 Itu sebabnya kita berkata: "Guru yang bahagia akan mengubah dunia." 386 00:34:30,902 --> 00:34:35,124 (Bernyanyi) 387 00:35:09,030 --> 00:35:12,458 Jika kita adalah guru yang bahagia, kita adalah guru yang berkewawasan, 388 00:35:13,138 --> 00:35:17,416 dan kewawasan itu beriak keluar di sekitar kita. 389 00:35:19,153 --> 00:35:23,123 (Musik gitar) 390 00:35:23,123 --> 00:35:26,533 Meena Srinivasan, guru di Oakland 391 00:35:28,675 --> 00:35:32,295 Jon Kristian Salunga, guru di San Diego 392 00:35:36,178 --> 00:35:39,478 Marcia Roth, profesor di Carolina Utara 393 00:35:42,911 --> 00:35:45,911 Laura Alvarado, pekerja sosial di Mexico City 394 00:35:51,487 --> 00:35:54,487 Katherine Weare, profesor di Exeter 395 00:35:57,414 --> 00:36:00,414 John Bell, pelatih kepemimpinan pemuda di USA 396 00:36:04,510 --> 00:36:07,510 Bridgit Cooke, petugas perpustakaan sekolah di New York 397 00:36:11,773 --> 00:36:14,773 Morgan Dursiel, guru di Alaska 398 00:36:20,513 --> 00:36:23,893 Linda Martin, profesor di Mexico City 399 00:36:26,764 --> 00:36:29,764 Pamela Victum, guru di Washington DC 400 00:36:32,600 --> 00:36:35,600 Kyle Punch, guru di Toronto 401 00:36:42,276 --> 00:36:45,276 Jennifer Harvey, guru di California 402 00:36:50,197 --> 00:36:53,197 Yirusha Dodah, guru di Washington DC 403 00:36:59,832 --> 00:37:02,832 Pilar Aguilera, guru di Barcelona 404 00:37:07,457 --> 00:37:10,457 Sahrah Yashaashla, guru di Washington DC 405 00:37:17,417 --> 00:37:20,417 Brother Phap Lai, pelatih Sekolah Wake Up 406 00:37:24,957 --> 00:37:27,957 Sister Jewel, pelatih Sekolah Wake Up 407 00:37:34,068 --> 00:37:37,068 Brother Phap Luu, pelatih Sekolah Wake Up 408 00:37:45,828 --> 00:37:49,738 Brother Phap Dung, pelatih Sekolah Wake Up 409 00:38:08,249 --> 00:38:17,799 [Untuk informasi lebih lanjut,silakan hubungi kami di: info@wakeupschools.org]